DonasiZakat News

Aksi OPZ Tangani Bencana Cianjur di Fase Recovery

Digizakat – Pada fase pemulihan Gempa Cianjur sebanyak 14 OPZ anggota Forum Zakat melakukan giat aksi penanganan berupa bantuan fasilitas pendidikan, ibadah dan hunian. Diberitakan sebelumnya, penanganan OPZ pada dampak gempa Cianjur kini telah memasuki masa transisi darurat ke pemulihan dari sebelumnya fase tanggap darurat bencana. Hal itu tertulis dalam Surat Keputusan Bupati Cianjur dengan nomor 360/KEP.420-BPBD/2002 yang berlaku sejak 21 Desember 2022 hingga 20 Maret 2023.

Penanganan oleh OPZ ini dilakukan setidaknya hingga akhir Desember 2023 mendatang, melampaui masa transisi recovery. Laznas YDSF misalnya, menyalurkan bantuan berupa Sekolah Darurat MI Sabilurrosyad, Pembangunan Total Masjid Al Ikhlas Kp Kedung Girang 02/07 DS Sukamanah Kec Cugenang 140 KK, dan Pembanguna Huntara 140 KK.

OPZ Bencana
OPZ Bencana

13 Lembaga lain yang turut berkolaborasi dalam penanganan ini adalah Yatim Mandiri, Lembaga Manajemen Infaq, Jakarta Amanah Mulia , Sinergi Foundation, PPPA Daarul Qur’an, DT Peduli, Laznas Yakesma, Lazis Al Haromain, LAZ Al Bunyan, Laznas PYI yatim & zakat, Laznas Wahdah Inspirasi Zakat, Rumah amal Salman, dan LAZ MKU.

Berdasarkan data yang dihimpun Forum Zakat, kebutuhan terkini bagi penyintas bencana adalah peralatan rumah tangga, lampu penerangan, alat shalat, pembinaan spiritual, dan pemenuhan kebutuhan pulang kampung warga.

Bismillah, semoga Relawan OPZ yang bertugas diberikan kesehatan dan keamanan sehingga warga segera pulih, aamin. Bagi teman digi yang tidak mau ikut ketinggalan berkontribusi untuk teman-teman yang terdampak di Cianjur bisa ikutan donasi melalui Digizakat.com loh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×