Food & Travel
Trending

5 Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus, Yuk Ketahui Bersama

Mulai dari besara biaya hingga fasilitas yang didapat

Digi Zakat – Perbedaan haji furoda dan haji plus kadang belum banyak masyarakat yang mengetahui. Meskipun ibadah haji melalui proses pendaftaran dan menunggu antrean karena kuota di Mekkah terbatas, ada juga dua program haji resmi tanpa menunggu berpuluh tahun, yakni haji furoda dan haji plus.  

Haji furoda adalah program haji yang menggunakan visa haji furoda atau visa haji undangan resmi dari pemerintahan kerajaan Arab Saudi. Biaya yang dibutuhkan lebih mahal dibanding program haji reguler. Sementara itu, haji plus adalah program haji khusus yang diselenggarakan oleh biro travel resmi menggunakan kuota nasional.

Sebagai muslim, ibadah haji merupakan rukun Islam yang wajib dijalankan bagi yang mampu. Adapun program haji tanpa antrean dapat umat Islam tempuh melalui haji furoda maupun haji plus. Yuk, simak lengkap perbedaan haji furoda dan haji plus di bawah ini!

Baca juga: 7 Langkah Perencanaan Keuangan Pribadi, Anti Boncos!

1. Besaran Biaya

Haji furoda maupun haji plus memang memiliki harga tergolong lebih tinggi yang mencapai ratusan juta jika kita membandingkan dengan harga haji reguler. Kemudian jika membandingkan besaran biaya haji furoda dengan haji plus, biaya haji plus lebih terjangkau karena berkaitan dengan fasilitas yang akan didapat. 

Dilansir dari lama hajifuroda.id, besaran biaya haji furoda tahun 2024 mencapai sekitar  $19.000-$26.000 yang jika dirupiahkan berkisar Rp285 juta hingga Rp412 juta tergantung pada paket yang akan dipilih. 

2. Lama Waktu Keberangkatan

Lama waktu keberangkatan haji furoda dan haji plus itu berbeda. Bagi Teman Digi yang memilih program haji furoda, dapat langsung berangkat di tahun yang sama dengan waktu pendaftaran. Berbeda dengan program ONH (Ongkos Naik Haji) plus yang menunggu umumnya sekitar 5 sampai 9 tahun. 

3. Visa

Perbedaan haji furoda dan haji plus juga terdapat pada visa. Program haji furoda memiliki visa yang sama dengan visa jamaah haji reguler karena pelaksanaannya memang disesuaikan dengan haji reguler. Namun, jamaah haji furoda menggunakan visa mujamalah yang diperoleh dari pemerintah kerajaan Arab Saudi, jadi lebih cepat dibanding visa haji plus.

4. Fasilitas yang Didapat

Terdapat perbedaan fasilitas dari haji furoda dengan haji plus. Fasilitas haji furoda di antaranya, mendapat antrean lebih cepat, mendapat visa haji resmi yang terdaftar secara online di e-Hajj Saudi Arabia menggunakan tasreh khusus ibadah haji, penginapan hotel bintang 5 atau sesuai paket yang dipilih, menggunakan penerbangan Saudi Airlines, dan fasilitas tinggi lainnya.

Baca juga: 5 Cara Melunasi Utang dengan Cermat dan Bijak

Sementara haji plus memiliki fasilitas di antaranya, keberangkatan lebih awal dibanding haji reguler, umumnya mendapat penginapan lebih dekat dengan Masjidil Haram, mendapat banyak fasilitas di hotel, mendapat bimbingan haji yang intensif dan eksklusif, juga akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh penyelenggara. 

5. Perizinan

Perizinan haji furoda dan haji plus juga berbeda. Pemerintah Indonesia sendiri telah mengeluarkan izin legal bagi pelaksanaan haji furoda yang tercantum dalam Undang-Undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (UUPIHU). 

Kemudian, Kementerian Agama (Kemenag) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) juga mengawasi penyelenggaraan haji furoda dan haji ONH plus. Sementara itu, bagi bro haji atau yayasan yang tak memiliki izin, tidak diizinkan menyelenggarakan haji furoda. PIHK juga tetap diwajibkan melaporkan kepada Kemenag untuk laporan memberangkatkan calon jamaah haji.

6. Kuota Jamaah

Kuota jamaah berkaitan visa yang diurus untuk keperluan haji. Visa furoda di luar kuota haji yang telah ditetapkan oleh Kemenag RI, jadi haji furoda bebas kuota dan sering disebut haji non kuota. Sementara, haji ONH plus termasuk kuota haji setiap tahun yang ditetapkan oleh Kemenag RI.

Biasanya untuk kuota jamaah ONH plus juga masih menunggu sekitar 5 sampai 7 tahun tergantung kuota masing-masing daerah. Jadi kuota jamaah haji furoda jauh lebih banyak karena tanpa batasan.

Itulah lima perbedaan haji furoda dan haji plus. Banyak pilihan fasilitas yang bisa kita dapat. Namun, terlepas dari itu kebersihan niat yang harus terus kita jaga. Ingin membiasakan diri berbuat baik? Yuk, langsung salurkan zakat, infak, dan sedekah terbaik DI SINI. Ada banyak program menarik untuk diikutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×