Zakat News

5 Manfaat Zakat dalam Islam yang Perlu Diketahui

Salah satunya membuat jiwa tenang

Digi Zakat – Ada banyak manfaat zakat dalam Islam yang perlu diketahui. Zakat merupakan kewajiban sebagaimana Allah Swt memerintahkan muslim dalam rukun Islam keempat. Kewajiban zakat bukan hanya soal menunaikannya, di balik itu ada banyak manfaat zakat yang dapat kita pelajari dan maknai sebagai hikmah yang Allah turunkan.

Islam sebagai agama fitrah manusia, tentu memberikan ajaran yang senantiasa berkasih sayang dan syarat makna. Segala perintah dan larangan Allah melalui Al-Qur’an dan hadits merupakan kebaikan yang wajib kita jalani. Salah satunya perintah berzakat.

Zakat sebagai perintah memiliki banyak keutamaan. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak 5 manfaat zakat dalam Islam yang perlu diketahui di bawah ini!

  1. Mensucikan Harta Seorang Muslim

Manfaat zakat dalam Islam yang pertama adalah mensucikan harta seorang muslim. Sebagaimana yang tertera dalam surah At-Taubah ayat 103, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Manfaat zakat ini memang tidak terlihat langsung. Namun, manfaatnya dapat membawa kita pada harta yang suci. Dengan kebersihan harta, membuat hidup terasa lebih berkah dan tenang. Banyak kebaikan yang datang dan keluarga terasa aman dari harta kotor yang kita berikan.

Baca juga: Siapa Saja yang Berhak Menerima Zakat?

2. Bukti Ketakwaan kepada Allah 

Selain mensucikan harta seorang muslim, manfaat zakat juga menjadi bukti ketakwaan kepada Allah. Dalam artian, seseorang yang menjalankan kewajiban zakat tentu adalah orang yang bertakwa. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah kewajiban zakat hanya sedikit. 

Namun, tidak semua orang kaya mampu menjalankan karena berzakat digerakkan atas dasar keimanan yang dibuktikan dengan tindakan sebagai bentuk takwa. Oleh karena itu, menunaikan zakat merupakan bukti ketakwaan seorang hamba kepada Allah.

3. Menyempurnakan Keimanan

Ada juga manfaat zakat dalam Islam selanjutnya, yakni menyempurnakan keimanan. Tentu belum sempurna iman seseorang jika dia hanya meyakini rukun iman tanpa ada upaya menegakkan rukun Islam. Rukun Islam yang terdiri dari lima, semuanya harus diupayakan untuk ditegakkan dengan kemampuan penuh.

Bagaimana kewajiban zakat bagi muslim yang tidak mampu? Sudah tentu dia tidak memiliki kewajiban berzakat. Namun, dengan menerima zakat, ia perlu mengupayakan untuk dapat sejahtera mandiri agar mampu menunaikan kewajiban zakat sebagai muslim. 

Baca juga: Jenis Zakat Mal dan Jumlah Perhitungannya

4. Menenangkan Jiwa 

Manfaat zakat juga menenangkan jiwa dari dua sisi. Ketenangan pertama didapat dari menjalankan perintah Allah berupa kewajiban zakat dan ketenangan kedua didapat dari imbalan menunaikan zakat yakni membersihkan harta. Tentu sebagai seorang muslim menginginkan kehidupan yang tenang dan berkah. Dengan berzakatlah solusinya.

5. Membentengi Diri dari Murka Allah

Zakat sebagai perintah Allah dapat membentengi diri dari murka-Nya. Sungguh Maha Adil Allah yang memberikan pahala bagi hamba-Nya yang mengerjakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Salah satunya menunaikan zakat tidak hanya mendapat pahala, tetapi juga membentengi diri dari murka Allah.

Itu dia lima manfaat zakat dalam Islam yang perlu diketahui. Dengannya kita jadi lebih bersemangat untuk berzakat. Yuk, kita tunaikan zakat mal di sini. Zakat mampu luaskan kebermanfaatan dan saling membantu sesama. Semoga kita termasuk orang yang bahagia jika menunaikan perintah-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×