Zakat News

5 Keutamaan Puasa Syawal, Seperti Puasa Setahun Penuh!

Puasa sunah Syawal 6 hari membuat kita konsisten puasa pasca Ramadhan

Digi Zakat – Puasa Syawal memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya menjalankan puasa sunah Syawal enam hari setelah puasa wajib Ramadhan. Bukan tanpa alasan, keutamaan puasa Syawal ini salah satunya seperti puasa satu tahun penuh. Wah, terbayang banyaknya pahala yang dapat kita raih, bukan?

Setelah menjalankan puasa wajib satu bulan Ramadhan, jangan lupa untuk tetap konsisten, ya. Terlebih, mengukur keberhasilan puasa Ramadhan itu dari setelahnya. Apakah masih menjalankan ibadah dengan khusyu secara kualitas maupun kuantitas, atau bahkan berhenti sama sekali. Duh, jangan sampai, ya.

Setiap muslim harus memiliki semangat ibadah yang tinggi pada waktu kapan saja karena kita beribadah karena Allah, bukan karena Ramadhan. Oleh karena itu, puasa sunah Syawal dapat menjadi awal yang baik untuk tetap konsisten menhighidupkan amalan sunah. 

Baca juga: Menu Berbuka Puasa Praktis dan Sehat, Moms Perlu Tahu!

Ingin tahu apa saja lima keutamaan puasa Syawal? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menyempurnakan Ibadah Wajib

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk puasa Syawal karena salah satu keutamaannya dapat menyempurnakan ibadah wajib. Seperti ibadah wajib lainnya, kita dapat menyempurnakan dengan ibadah sunah. Sebagaimana yang tertera dalam hadits berikut,

“Sesungguhnya amalan seorang hamba yang pertama kali dihisab adalah salatnya. Jika salatnya baik, sungguh dia telah beruntung dan sukses. Sebaliknya apabila salatnya rusak maka di celaka dan merugi. Kemudian jika ada kekurangan dalam salat wajib, Allah berfirman kepada malaikat: lihatlah apakah hambaku mengerjakan salat sunah? Jika dia mengerjakan salat sunah, kekurangan dalam salat wajib akan disempurnakan dengan salat sunah. Kemudian seluruh amal yang lain akan dihisab seperti itu,” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi).

2. Bentuk Syukur kepada Allah

Kemudahan yang Allah berikan dalam bentuk kesehatan dan kelancaran beribadah di bulan Ramadhan, patut untuk kita syukuri. Keutamaan puasa Syawal juga merupakan bentuk syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan-Nya. Oleh karena itu, keutamaan puasa Syawal dapat kita sungguhkan agar mendapat pahala ibadah dan pahala syukur.

Baca juga: 7 Kombinasi Menu Sehat Bergizi dan Mudah Diolah

3. Seperti Puasa Setahun Penuh

Keutamaan puasa Syawal sama seperti puasa setahun penuh. Kita tentu ingin meraih banyak pahala, bukan? Tenang, bagi setiap hamba Allah yang rajin berpuasa dengan hati yang ikhlas dan benar akan masuk Surga lewat pintu Ar-Royyan. Termasuk menjalankan puasa Syawal yang memiliki keutamaan seperti puasa setahun penuh. 

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

4. Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Setiap amalan yang Allah perintahkan dan Rasulullah SAW ajarkan senantiasa terselip banyak keutamaan. Layaknya sholat wajib lima waktu yang menghapus dosa-dosa kecil setiap hari, keutamaan puasa Syawal juga sama. Puasa Syawal juga dapat menghapus dosa-dosa yang mungkin kita lakukan selama bulan Ramadhan.

5. Melatih Diri Istiqomah Berpuasa 

Keutamaan puasa Syawal selanjutnya adalah melatih diri istiqomah berpuasa. Bagi setiap mukmin yang rajin berpuasa, Allah akan menghadiahkannya Surga melalui pintu Ar-Royyan. Setelah menjalankan satu bulan puasa Ramadhan, melanjutkan puasa Syawal dapat menjadi sarana melatih diri untuk istiqomah berpuasa.

Itu dia lima keutamaan puasa Syawal yang Digi Zakat coba rangkum. Semoga kita semua Allah beri kemampuan untuk menjalankan puasa Syawal dalam keadaan sehat dan bersemangat meraih banyak keutamaan. Jangan lupa juga untuk menunaikan zakat dengan mudah DI SINI. Barakallahufikum!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×