Food & TravelHalal Lifestyle

Masjid Unik di Jakarta Ini Cocok Jadikan Destinasi Wisata Religi Saat Ramadan

Digizakat – Pada bulan ramadan, antusias umat muslim mengunjungi masjid unik di Jakarta jadi lebih besar daripada hari biasanya. Suasana puasa sangat terasa apabila berada di masjid, maka tidak heran masjid ramai oleh kunjungan banyak orang selama ramadan untuk berlomba-lomba mencari keberkahan.

Kondisi masjid mempengaruhi semangat seseorang dalam beribadah. Masjid unik di Jakarta juga bisa menjadi wisata religi sebagai healing selama seharian penuh berpuasa. Ada banyaknya masjid di berbagai daerah Indonesia, salah satunya di kota padat penduduk yaitu Jakarta.

Masjid di Jakarta menjadi pilihan yang cocok terutama untuk para pekerja berkunjung. Banyaknya masjid yang sudah sangat terkenal di kalangan umat muslim karena bentuk yang uniknya. Bahkan masjid-masjid tersebut banyak menyediakan takjil selama ramadan loh!

Berikut rekomendasi masjid unik di jakarta, simak yuk!

  1. Masjid Istiqlal

Salah satu masjid unik di Jakarta adalah Masjid Istiqlal. Pesona keindahan masjid satu ini sudah menjadi rahasia umum, itu sebabnya masjid ini menjadi sangat terkenal. Masjid terbesar di Asia Tengara yang sangat megah dengan arsitektur unik memiliki gaya internasional modern namun setiap bangunannya memiliki makna simbolis.

Masjid dengan kubah kecilnya berukuran 8 diameter melambangkan bulan kemerdekaan sementara bangunan utamanya dengan kubah berdiameter 45 sebagai tahun kemerdekaan dan juga terdiri dari 5 lantai yang bermakna 5 rukun Islam, jumlah rakaat shalat dan jumlah sila pada pancasila.

Banyak hal unik lainnya seperti taman masjid yang bagus dengan air mancur sebagai pelengkapnya, tiang penopang masjid yang berjumlah banyak dan dinding maupun lantainya berbahan marmer sehingga menambah kenyamanan.

  1. Masjid Ramlie Musofa

Masjid unik di Jakarta lainnya adalah Masjid Ramlie Musofa. Masjid megah di Sunter yang bangunannya mirip Taj Mahal yang ada di India. Kemegahan sangat terlihat dari arsitekturnya yang memakai konsep empat kebudayaan yaitu China, India, Indonesia dan Arab.

Desain dinding yang unik dan menarik dengan kaligrafi dari tiga bahasa menambah kesan lebih sebagai simbol toleransi . Terdapat pula dengan lift yang dapat memudahkan penyandang disabilitas.

Pemandangan masjid yang sangat indah karena letaknya yang strategis dekat danau sunter sehingga sangat cocok menjadi destinasi wisata religi selama ramadan.

  1. Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid ini tidak kalah uniknya yang terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng dekat dengan Taman Senopati. Masjid yang berbeda dari masjid lainnya dari segi arsitektur dan interiornya. Dengan gapura unik berwarna hijau dan kaligrafi berwarna emas menghiasi.

Bentuk bangunan anti mainstream yang terlihat seperti perahu sebagai simbol pelabuhan sunda kelapa di masa lalu pengingat perjuangan menyebarkan Islam melalui perdagangan. Keunikan lainnya juga masjid ini tidak memiliki kubah dan bentuk menara yang menarik perhatian. Berbagai fasilitas yang ada di masjid ini juga menambah kenyamanan beribadah.

  1. Masjid Cut Meutia

Masjid bertemakan klasik letaknya di Jalan Cut Meutia, Jakarta Pusat cocok jadi destinasi wisata religi saat ramadan karena menyimpan cerita sejarah di dalamnya.

Pada tahun 1912, bangunan ini merupakan peninggalan masa kolonial Belanda yang dulunya kantor arsitektur dan pengembangan bernama N.V. Bauploeg. Pernah juga untuk tempat markas senjata Belanda dan Jepang. Hal inilah yang mencuri perhatikan masyarakat.

Tidak ketinggalan keunikan arsitekturnya dari pola bentuk bangunan utama masjid tidak simetris. Pilihan cocok saat ramadan karena rutin adanya festival agenda ramadan.

  1. Masjid Al Azhar

Salah satu masjid terkenal terutama saat ramadan karena membagikan banyaknya takjil sehingga tak heran sering membludak pengunjung. Masjid ini merupakan masjid modern pertama di Indonesia dengan bangunannya yang megah sejak tahun 1958 dengan lokasinya di Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Bangunan dan ornamen masjid ini tidaklah kuno meskipun telah lama dibangun. Kemegahan terasa dari fondasinya, adanya dua pagar tinggi dengan lampu kuning sebagai pelengkap di depannya dan kesucian dari warna cat putih bersih yang mendominasi. Akses ke masjid juga cukup mudah.

Nah teman digi itulah beberapa masjid unik di Jakarta yang cocok jadi destinasi wisata religi selama ramadan. Nah, kalau soal membayar zakat , infaq dan sedekah teman digi bisa pilih membayar online melalui Digizakat dengan klik linknya DI SINI!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×