Halal Lifestyle

Tata Cara Melakukan Doa Qunut Nazilah untuk Palestina 

Digizakat – Teman Digi, genosida Israel terhadap rakyat Palestina masih berlanjut hingga saat ini. Saudara-saudara kita di Palestina masih berjuang untuk mempertahankan Masjid Al-Aqsa dan tanah tempat tinggal mereka meskipun nyawa taruhannya. Setiap harinya, pengeboman oleh Israel di rumah sakit, sekolah, bahkan kamp pengungsian rakyat Palestina menyebabkan korban berguguran yang mayoritas korbannya adalah wanita dan anak-anak. 

Sampai detik ini, angka korban yang syahid terus bertambah. Namun itu bukan berarti korban yang masih selamat tetap aman, karena ketersediaan bahan makanan, air bersih, bahkan obat-obatan pun menipis. Bahkan listrik dan internet di Gaza pun turut diputus oleh Israel.

Itulah mengapa kita juga harus memperjuangkan saudara kita di Palestina sebagaimana mereka yang masih tetap bertahan demi memperjuangkan Masjid Al-Aqsa untuk umat Muslim di seluruh dunia. Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk mereka, salah satunya adalah berdoa dengan mengamalkan Qunut Nazilah. Berikut ini adalah bacaan dan tata cara melakukan doa Qunut Nazilah dengan benar.

Tata Cara Qunut Nazilah 

Qunut Nazilah adalah doa tambahan yang dibaca oleh sebagian umat Islam dalam shalat ketika umat Islam dihadapkan pada musibah, bencana alam, atau situasi genting lainnya. Serta sebelum sujud pada rakaat terakhir setiap melaksanakan shalat wajib 5 waktu.

Berikut adalah bacaan Qunut Nazilah

اَللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ  اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ 

Bacaan latin:

Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man ‘afait wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yadzillu man walait, wa la yaizzu man adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakalhamdu ‘ala ma qadhait, astgahfiruka wa atubu ilaik. 

Allahummadfa’ annal ghala’a wal waba’a wal fakhsya’a wal munkar was syuyufal mukhtalifata was syadaidal mihan, ma dzhara minha wa ma bathana, min baladina hadza khassah, wa min buldanil muslimina aammah, innaka ala kulli syai’in qadir, wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin. 

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau.  

Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Itulah tadi tata cara melakukan doa Qunut Nazilah yang dapat kita amalkan setiap hari untuk berjihad di jalan Allah melalui doa. 

Teman Digi, mengamalkan doa qunut nazilah setiap melaksanakan sholat fardhu bukan satu-satunya hal yang dapat kita lakukan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Seperti yang kita tahu, mereka saat ini sedang mengalami krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan. Maka dari itu, mari sisihkan harta semampu kita untuk didonasikan demi keberlangsungan hidup saudara kita di palestina. KLIK DI SINI (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×