Food & Travel

7 Kombinasi Menu Sehat Bergizi dan Mudah Diolah

Yuk buat menu sehat bergizi dan mudah diolahmu!

Digizakat – Kombinasi menu sehat bergizi dan mudah diolah menjadi incaran orang yang sedang menjalani program diet. Orang yang sedang diet tentu mengatur pola makan dan komposisi menunya. Namun, tak jarang bosan, bukan? Bisa jadi Teman Digi juga salah satunya. Oleh karena itu, menentukan variasi menu makanan memang harus, supaya berjalan lancar dan menyenangkan.

Memperingati Hari Gizi Nasional yang setiap tanggal 25 Januari, dapat menjadi langkah awal untuk hidup lebih sehat. Memulai hidup sehat bisa dari memilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh sesuai kebutuhan. Standar sehat bukan kurus atau gemuk, loh Teman Digi. Yang terpenting proporsional dan bugar.

Mau mulai hidup sehat? Yuk simak tujuh kombinasi menu sehat bergizi yang mudah diolah di bawah ini!

1. Granola dan Susu

Siapa yang masih suka makan sereal kemasan yang rasanya manis sekali? Hati-hati, loh Teman Digi. Sereal kemasan dengan kandungan gula yang tinggi justru tidak sehat dan mempengaruhi kondisi tubuh menjadi mudah lemas. Mulai sekarang, Teman Digi dapat menggantinya dengan granola. 

Supaya rasanya lebih enak dan sehat, Teman Digi boleh mencampurkannya dengan susu. Mengonsumsi granola dan susu, jauh lebih sehat daripada sereal kemasan dengan kadar gula yang tinggi. 

Cara menyajikan granola dan susu mudah, kok. Teman Digi dapat mencampurkannya langsung seperti membuat sereal. Kandungan kombinasi menu ini antara lain, protein, karbohidrat, serat, gula kalsium, zat besi, natrium, dan asam lemak tak jenuh.

Baca juga: Bikin Hidup Makin Cerah, Sedekah Mampu Naikkan Level Bahagia

2. Telur dan Sayur

Teman Digi bosan makan telur? Mulai sekarang coba, deh kombinasikan dengan sayur. Misalnya, buat salad sayur dengan telur atau omelet dadar dengan irisan rebusan wortel dan bayam. Eits, jangan lupa tambahan garam dan lada jika suka, ya karena akan menambahkan cita rasa yang lebih autentik.

Kombinasi menu sehat telur dan sayur ini tentu memiliki kandungan yang sehat, yakni kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Menu simpel dan suhat, bukan? Yuk, masak kombinasi menu telur dan sayur kesukaanmu!

3. Tomat dan Salmon

Kombinasi menu sehat bergizi ini juga menjadi rekomendasi untuk Teman Digi yang ingin mulai mengatur pola makan. Yap, tomat dan salmon bisa kamu coba untuk variasi menu sehat. 

Meskipun sudah mulai hidup sehat, Teman Digi juga perlu mengonsumsi ikan untuk memenuhi gizi tubuh. Salah satu kombinasi menunya, yaitu salmon dan tomat. Cara mengolahnya mudah, bisa Teman Digi langsung panggang salmon hingga setengah matang kemudian baru tambahkan irisan tomat dan bumbu.

4. Oatmeal dan Kacang-Kacangan

Kombinasi menu oatmeal dan kacang-kacangan mungkin akan menjadi tantangan tersendiri bagi yang baru mulai hidup sehat, ya. Peralihan kebiasaan makan nasi menjadi oatmeal tentu sangat jauh. Namun, Teman Digi jangan khawatir.

Oatmeal dan kacang-kacangan dapat menjadi opsi menu kombinasi untuk sarapan yang simpel dan sehat. Sementara, untuk makan siang bisa tetap dengan nasi yang tetap diatur, ya Teman Digi.

Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat dan serta tinggi yang baik untuk tubuh. Semantara, kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi, vitamin, dan mineral esensial seperti asam folat, vitamin E, B3, vitamin B1, vitamin Piridoksin (B6), vitamin B2, tembaga, fosfor, Magnesium, kalium, seng, dan kalsium. 

Baca juga: Diet Sehat Ala Rasulullah: Tips Makanan dan Gaya Hidup Dari Sunnah

5. Brokoli dan Ikan

Kombinasi menu sehat selanjutnya ada brokoli dan ikan. Sayuran hijau yang satu ini kaya akan gizi yang rendah kalori dan tanpa kolesterol. Menyajikan brokoli bisa menumisnya dan menghidangkannya bersama ikan panggang atau pepes supaya lebih sehat. Jangan lupa tambahkan bumbu dapur sesuai selera, ya. Mau coba? 

6. Wortel dan Tempe

Makanan sederhana kaya akan manfaat salah satunya dari tempe. Meskipun dipandang sebelah mata sebagai menu murahan, tempe justru punya penuh gizi seperti protein nabati, vitamin, dan mineral yang rendah natrium serta karbohidrat.

Teman Digi dapat mengombinasikan tempe dengan irisan wortel agar lebih sehat dan variatif. Misalnya, menu tumisan wortel dan tempe atau dimasak terpisah juga sama nikmatnya. Yang terpenting manfaat dan sehatnya, ya.

7. Kentang dan Lada

Kombinasi menu sehat dan mudah diolah lainnya juga ada seperti kentang lada. Meskipun sederhana, kentang dapat menjadi pengganti nasi. Cara mengolahnya, bisa Teman Digi goreng dengan taburan lada atau dibuat mashed potato. 

Itu dia tujuh kombinasi menu sehat dan mudah diolah yang dapat Teman Digi coba masak. Jika sudah sehat secara fisik, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan kondisi ruhiyah dengan berzakat. Zakat mudah dengan pilihan program menarik klik DI SINI, ya Teman Digi. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×