Zakat News

Persiapan Sambut Bulan Ramadan Ala Sahabat Nabi

Digizakat – Persiapan sebelum datangnya bulan ramadan perlu kita lakukan agar kita dapat benar-benar siap menjalani ibadah dan meraih ridha Allah ketika itu. Menyambut datangnya bulan Ramadan juga dilakukan oleh para sahabat nabi bahkan dengan waktu yang diperlukan bukan hanya sedikit yaitu bisa sekitar enam bulan lamanya.

Waktu yang cukup lama itu dilakukan para sahabat nabi karena perlunya mempersiapkan segala hal. Baik itu dalam persiapan fisik, hati dan juga pikiran. Ada beberapa cara yang dilakukan sahabat nabi dalam menyambut datangnya ramadan. Teman digi simak yuk!

  1. Berdoa Memohon Ampun Kepada Allah dan Bertaubat

Memperbanyak doa adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan sebelum datangnya bulan ramadan. Dalam doa tersebut mereka meminta untuk dipertemukan dengan bulan ramadan yang akan datang lalu memohon ampunan atas segala kekhilafan dan dosa yang telah diperbuatnya dan setelahnya bertaubat atas segala dosanya tersebut. Hal ini dilakukan secara berturut-turut oleh para sahabat agar hatinya dapat bersih ketika menjalani puasa bulan ramadan.

  1. Belajar Ilmu Islam

Dalam hal ini termasuk kedalam persiapan pikiran. Mempelajari ilmu Islam akan mengasah pengetahuan kita terkait Islam secara mendalam penting untuk dilakukan dan sahabat nabi pun menerapkannya yang ketika itu mempelajari langsung dengan Rasulullah. Ibadah pada bulan ramadan nanti akan lebih terlaksana maksimal dengan ilmu islam yang sudah dimiliki.

persiapan ramadan

 

  1. Membayar Utang Puasa Ramadan Sebelumnya

Sahabat nabi yang masih memiliki utang puasa di ramadan sebelumnya karena berhalangan itu berupaya menggantinya sebelum datangnya ramadan berikutnya terutama yang dilakukan oleh para sahabat wanita karena alasan haid sehingga membayar puasa yang tidak sempat terlaksana tersebut seperti yang dikatakan Aisyah radhiyallhu ‘anhu.

  1. Menjaga Kesehatan

Kondisi fisik yang harus terjaga perlu dipersiapkan sebelum datangnya ramadan. Tubuh harus senantiasa sehat dan fit agar dapat lancar dan maksimal melalui ibadah puasa seharian penuh sehingga tidak ada yang terlewatkan keberkahannya karena terhalang fisik yang kurang baik. Oleh karena itu perlunya kesahatan yang sangat terjaga.

  1. Memperbanyak Amal Baik dan Meninggalkan Segala Sifat Buruk

Melakukan amalan merupakan hal terpenting juga dalam persiapan menyambut ramadan. Memperbanyak amalan baik dengan meninggalkan segala prilaku dan sifat buruk kita. Menjadi pribadi yang lebih positif tanpa adanya prasangka-prasangka buruk, berusaha menjalankan sunah-sunah seperti puasa di bulan Sya’ban, perbanyak dzikir dan bersedekah, tentunya ini dilakukan untuk meningkatkan keimanan sehingga ketika datangnya ramadan sudah benar-benar membenahi diri dan siap mencapai ridhonya Allah pada saat ibadah puasa.

Nah, aktivitas sedekah bisa kamu lakukan dengan mudah melalui Digizakat, caranya silakan KLIK LINK DI SINI yaaa~

persiapan ramadan

Sahabat nabi benar-benar sangat melakukan banyaknya persiapan ketika menyambut datangnya ramadan dengan selalu berusaha membenahi diri. Ini adalah yang perlu kita contoh sebagai umat muslim dengan adanya kesempatan untuk mempersiapkan datangnya ramadan. Teman digi yang sebelumnya masih bingung nih persiapan sebelum ramadan bisa mencontoh yang dilakukan oleh para sahabat nabi, yuk persipkan diri kita agar siap bertemu ramadan yang sebentar lagi akan datang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×