Zakat News

Tetap Istiqamah dan Produktif Setelah Lebaran

Digizakat – Hari raya lebaran kemarin membuat kita berlibur cukup lama dari rutinitas sehari-hari, terutama pekerjaan yang biasanya banyak orang lakukan. Namun setelah semua itu usai, kita harus bersiap kembali ke aktivitas normal. Bagi kebanyakan orang, hal tersebut menjadi hal terberat dan tidaklah mudah mereka jalani karena liburan panjang yang telah mereka lakukan.

Pekerjaan atau aktivitas lainnya memaksa kita untuk tetap produktif menjalankannya meskipun dalam keadaan berat hati. Bukan hanya produktif saja, tetap istiqamah dalam menjalankan ibadah seperti ramadan kemarin juga hal yang penting meskipun telah usai ramadan tersebut. Tentunya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk tetap istiqamah dan produktif setelah berakhirnya lebaran. Yuk simak berikut ini Teman Digi!

Tetap Istiqamah Setelah Lebaran

Istiqamah bukan hal yang mudah untuk Umat Muslim lakukan terutama perihal mengerjakan ibadah. Istiqamah artinya tetap konsisten melakukan banyak hal di jalan yang benar. Sebelum lebaran atau tepatnya ketika ramadan, banyak orang berusaha mengumpulkan banyak pahala dengan mengerjakan amalan-amalan dan meningkatkan ibadahnya. Hal tersebut mereka lakukan berbeda dengan hari biasanya. Inilah yang menjadi tantangan untuk mereka setelah lebaran untuk konsisten menjalankan ibadah itu. 

Banyaknya faktor yang membuat diri terasa berat untuk tetap istiqamah menjalankan ibadah setelah lebaran. Kegoyahan diri menjadi peluang besar untuk berbelok ke jalan yang tidak benar, sehingga orang tersebut dengan mudah keluar dari istiqamah. Padahal dengan mengerjakan amalan ibadah secara istiqamah merupakan amalan yang Allah cintai. Di dalam suatu Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda:

“Kalian berbuatlah sesuatu yang tepat dan benar karena amal yang paling Allah cintai adalah amalan yang terus menerus meskipun sedikit.” 

Berikut tips yang bisa Teman Digi lakukan untuk tetap istiqamah setelah lebaran:

  • Memperbanyak doa untuk meminta menguatkan iman di hati. Untuk tetap istiqamah, kita memerlukan adanya kemauan dan niat dalam diri dan hati agar bisa menjalankannya dengan tidak berat hati. Berdoa cara yang tepat untuk memohon kepada sang pencipta karena sejatinya hati kita dapat dengan mudah berbolak-balik. 
  • Muhasabah diri. Selalu berusaha melakukan koreksi terhadap diri atas segala perbuatan dan prilaku yang telah dilakukannya menjadi poin yang terpenting. Bahkan Allah SWT sendirilah yang memerintakan kita untuk senantiasa muhasabah diri. Hal ini terdapat dalam firmannya di QS. Al-Hasyr: 18. Dengan mengoreksi diri, maka kita dapat mengetahui sudah sejauh mana keistiqamahan kita terhadap amalan dan ibadah. 
  • Menjalankan sunah-sunah setelah lebaran. Untuk tetap istiqamah, kita perlu melakukan banyaknya ibadah hingga semakin meningkatnya ketakwaan dan keimanan. Bukan hanya yang wajib saja, melakukan amalan sunah menjadi nilai tambah. Banyaknya sunah-sunah setelah lebaran dapat kita lakukan, seperti ibadah syawal ataupun puasa senin kamis secara rutin.

Tetap Produktif Setelah Lebaran

Melakukan hal yang produktif setelah lebaran dengan liburan panjang memang sangatlah berat, tetapi mau ataupun tidak tetap mengharuskannya melakukan itu. Memiliki semangat yang tinggi dalam menjalankan produktivitasnya sangat kita butuhkan. Ini tips tetap produktif setelah lebaran:

  • Mulai membuat list jadwal. Agar bisa tetap produktif, kita dapat melakukannya dengan membuat list daftar apa saja yang akan kita lakukan ke depannya. Buatlah prioritas pekerjaan, sehingga dengan begitu sudah terencana dengan matang. Jadwal tersebut juga bisa sebagai pengingat apa yang seharusnya kita kerjakan dan selesaikan lebih dahulu. Akan berbeda halnya dengan yang tidak memiliki rencana, rasa malas dan tertundanya pekerjaan menjadi semakin besar karena tidak adanya jadwal.
  • Membuat mindset pentingnya tugas dan tanggungjawab. Mindset atas rasa malas perlu menghilangkannya dan mengganti dengan pemikiran bahwa pentingnya suatu tugas dan tanggungjawab. Semua itu akan memunculkan semangat baru untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik karena mengingat amanah di dalamnya.
  • Memanfaatkan dengan baik waktu istirahat. Tubuh memerlukan waktu untuk beristirah sejenak dari lelahnya bekerja, memanfaatkan waktu istirahat tersebut dengan berbagai hal yang menggembirakan bagi kita. Hal ini membuat hari kita menjadi produktif karena bukan hanya mengisinya dengan kegiatan yang melelahkan saja.

Nah itulah Teman Digi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk tetap istiqamah ataupun produktif setelah lebaran. Istiqamah dan produktif adalah dua hal yang sangat penting dan perlu kita dapatkan dalam aktivitas sehari-hari. Rutin melakukan sedekah juga menunjukkan kita istiqamah dan produktif loh Teman Digi. Yuk salurkan bantuan dengan klik Digizakat, memudahkan Teman Digi untuk membantu yang membutuhkan yaa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×