Halal LifestyleZakat News

5 Amalan Bulan Rajab

Digizakat – Bulan Rajab merupakan bulan yang Istimewa bagi umat muslim. Terdapat 4 bulan yang dimuliakan dalam Islam (al-Asyhur al-Hurum) yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Pada tahun 2023, 1 Rajab 1444 jatuh pada 23 Januari 2023. Keutamaan bulan Rajab salah satunya adalah bertepatan dengan peristiwa Isra dan Mikraj Nabi Muhammad Saw di mana umat Islam diperintahkan untuk Shalat 5 waktu.

Maka, banyak amalan yang dapat dilakukan pada bulan Rajab. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Surah At-Taubah ayat 36 berikut:
“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, [sebagaimana] dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah [ketetapan] agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam [bulan yang empat] itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa,” (QS. At-Taubah – 36)

Berikut kami rangkumkan untuk Teman Digi, 5 Amalan yang bisa dilakukan di Bulan Rajab, Simak yuk!

1. Doa

Mengawali bulan Rajab, sunnah untuk membaca doa sebagaimana contoh yang Nabi Muhammad SAW. Doa ini bersumber dari H.R. Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syuab Al-Iman, dari Anas bin Malik, yang mengatakan

Artinya: “Ketika Nabi Muhammad SAW memasuki bulan Rajab, beliau mengucapkan, Allahumma barik lana fi rajaba wa syabana wa ballighna Ramadana”.

Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.

2. Puasa

Keutamaan berpuasa di bulan Rajab adalah akan dihapuskannya dosanya setahun yang lalu. Puasa di hari kedua akan menghapus dosa sebulan yang lalu. Sedangkan puasa di hari ketiga menghapus dosa seminggu yang lalu.

Amalan Bulan Rajab
Amalan Bulan Rajab

Hal tersebut diriwiyatkan Imam Thabarani dari Sain bin Rasid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari, maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari, maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.”

3. Sayyidul Istighfar

Pada bulan istimewa, salah satu amalan doa dan dzikir yang bisa dilakukan adalah membaca Sayyidul Istighfar. Sayyidul Istighfar juga disebut sebagai rajanya doa dan dianjurkan untuk dibaca setiap pagi dan sore.

Berikut bacaan Sayyidul Istighfar;

“Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika. Mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta,”

4. Membaca Alquran & Shalawat

Hadirnya bulan Rajab sebagai salah satu bulan mulia membawa keberkahan bagi mereka yang memperbanyak amal ibadah di dalamnya. Di antara amalan yang bisa dikerjakan adalah memperbanyak membacaAlquran dan shalawat bulan Rajab.

Amalan Bulan Rajab
Amalan Bulan Rajab

5. Memperbanyak Sedekah

Di bulan Rajab ini, setiap Muslim hendaknya memperbanyak bersedekah kepada orang lain yang membutuhkan. Beberapa hadits menunjukkan adanya pelipatgandaan pahala bagi mereka yang beramal baik pada bulan Rajab. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa bersedekan di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua”

Sekarang, Teman Digi bisa sedekah mudah dengan langsung saja klik link DI SINI untuk sedekah melalui Organisasi Pengelola Zakat yang amanah dan profesional! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×