DonasiZakat News

Innalillahi, Korban Gempa Turkiye Mendekati 5000 orang

Digizakat – Jumlah korban yang meninggal akibat gempa 7,8 Magnitudo mendekati 5000 orang di Turkiye dan Suriah, Selasa (7/2/2023). Hal ini dikonfirmasi oleh Pejabat Badan Manajemen Bencana Turkiye, Orhan Tatar, ia juga menyebut setidaknya 20.426 terluka akibat gempa ini.

“Sebanyak 11.000 bangunan dilaporkan rusak di Turkiye dan saat ini hampir 25.000 relawan tanggap darurat bekerja di lokasi yang terkena dampak,” tambahnya.

Tim tanggap darurat, menggunakan 10 kapal dan 54 pesawat untuk mengangkut yang terluka dan membantu operasi pencarian. Sementara, di Suriah, jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 1.559 dan 3.648 terluka di seluruh wilayah yang dikuasai pemerintah dan oposisi.

Oleh karena itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan menetapkan masa berkabung nasional selama tujuh hari pasca gempa Turkiye 6 Februari 2023.

“Bendera kita akan dikibarkan setengah tiang hingga matahari terbenam pada Minggu, 12 Februari, di seluruh bagian negara kita dan perwakilan di luar negeri,” kata Presiden Erdogan via Twitter.

gempa turki
gempa turki

 

Sementara, sebanyak 10 orang Warga Negara Indonesia (WNI) terluka atas bencana ini. KBRI Ankara  terus upayakan melalui otoritas setempat, simpul-simpul masyarakat Indonesia dan Satgas Perlindungan WNI setempat.

Dubes RI bersama Tim KBRI Ankara menuju Gaziantep untuk menyerahkan Bantuan Kemanusiaan Tahap I dari Pemerintah RI berupa 1 kontainer bahan makanan. Dari Gaziantep, Tim akan dibagi 4 kelompok untuk melakukan evakuasi WNI di Gaziantep, Kahramanmaras, Hatay dan  Dyatrbakir. Para WNI akan dievakuasi ke Ankara untuk ditampung sementara dan dirawat di rumah sakit di Ankara bagi yang membutuhkan perawatan.

Teman Digi, gempa dahsyat yang melanda Turkiye dan Suriah ini kemungkinan akan menjadi salah satu bencana yang paling mematikan dalam dekade ini dengan korban jiwa diperkirakan mencapai puluhan ribu orang. Musibah ini tentu pukulan yang sangat besar bagi warga setempat dan ikut dirasakan umat Islam di seluruh dunia. Sebagai sesama muslim, Rasulullah mengibaratkan kita sebagai satu tubuh yang ikut merasakan sakit jika salah satu bagiannya sakit.

Yuk, mari kita doakan saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah gempa agar mereka selalu diberi kesabaran dan mendapat ganti yang lebih baik dari Allah, dan bagi teman Digi yang ingin berdonasi silakan bisa KLIK LINK DI SINI yaaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×