Halal LifestyleZakat News

7 Ibadah dan Amalan di Bulan Suci Ramadan

Digizakat – Bulan penuh keberkahan ini membuat umat Muslim berlomba-lomba melakukan ibadah dan amalan untuk mengumpulkan pahala di bulan suci ramadan. Yuk simak apa saja Ibadah dan Amalan Bulan Ramadan yang teman digi bisa lakukan:

  1. Memperbaiki Shalat Wajib dan Menambah Shalat Sunah Lainnya

Umat muslim harus memperbaiki shalat wajibnya terlebih dahulu karena yang menjadi paling utama di samping melaksanakan yang sunah. Sudah seharusnya kita tidak boleh meninggalkan shalat wajib dan justru meningkatkannya ketika ramadan.

Shalat wajib yang mungkin sebelumnya sering diakhirkan maka bisa sekarang lebih mendahulukan ketika adzan berkumandang langsung bergegas mendirikan shalat. Di bulan suci ini, ibadah shalat lima waktu jangan sampai menyianyiakannya ataupun mengakhirkannya dengan berbagai alasan.

  1. Tadarus Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan amalan yang penting di bulan ramadan dan rugi jika meninggalkannya. Rasulullah menganjurkan untuk senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an terutama di bulan ramadan karena mendapatkan banyak pahala di dalamnya.

Dalam suatu HR. Bukhari 6 dari Ibnu Abbas, beliau mengatakan “Rasulullah adalah manusia paling pemurah, dan jauh lebih pemurah ketika bertemu Jibril. Jibril menemui Rasulullah setiap malam Ramadhan untuk mengkaji Al-Qur’an. Sesungguhnya beliau lebih pemurah daripada angin yang bertiup.”

Upaya menghindari hal yang sia-sia selama ramadan dengan tadarus dan mengkaji Al-Qur’an. Kapan saja dapat melakukan ibadah ini dan tak terhitung banyaknya pahala yang akan diperoleh.

  1. Shalat Tarawih

Ibadah yang hanya ada di saat bulan suci ramadan. Keuntungan yang melimpah dari melaksanakan shalat tarawih sangatlah besar walaupun hanya termasuk ibadah sunah. Pahala yang banyak, membukakan pintu rezeki bahkan bisa terhapusnya dosa yang sudah lampau. Seperti dalam HR. Bukhari dan Muslim:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa menjalankan ibadah (tarawih) di bulan Ramadan dengan beriman dan ikhlas, Allah akan mengampuni  dosanya yang telah lampau”

Jumlah rakaatnya itu ada yang 23 rakaat atau 11 rakaat sudah termasuk witir. Amalan ini istimewa karena tidak ada di bulan-bulan lainnya.

  1. Shalat Qiyamul Lail dan Shalat Sunah Lainnya

Shalat qiyamul lail merupakan salah satu ibadah malam yang sangat dianjurkan ketika ramadan. Ada banyak jenis shalat malam dan tahajud menjadi salah satunya. Shalat malam lebih utama jika melaksanakannya pada sepertiga malam. Rasulullah SAW sendiri yang menganjurkan ibadah shalat malam. HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas, Rasulullah mengatakan:

“Barangsiapa bangun dan kemudian mengerjakan qiyamul lail di bulan Ramadan dengan berdasarkan iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT.”

  1. Perbanyak Dzikir

Amalan berikutnya yaitu lidah kita senantiasa mengucapkan dzikir agar tidak salah bicara ketika sedang puasa. Macam-macam dzikir antara lain tasbih, tahlil, tahmid dan takbir. Sabda Rasulullah yang terdapat dalam HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad:

“Barangsiapa yang bertasbih kepada Allah sebanyak 33 kali, bertahmid kepada Allah sebanyak 33 kali, dan bertakbir kepada Allah sebanyak 33 kali; maka semuanya berjumlah 99.”

“Dan ke-100 nya dia mengucapkan, “Laa ilaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu, lahu mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in”. Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahanya walaupun sebanyak buih yang ada di lautan.”

Seseorang yang mengucapkan dzikir hingga 100 kali dalam sehari, maka sama seperti memerdekakan 10 budak dan akan dituliskan 100 kebaikan untuknya.

  1. Memperbanyak Ibadah di 10 Hari Terakhir

Melakukan ibadah sebanyak-banyaknya di 10 malam terakhir jangan sampai terlewatkan. Allah SWT akan memberikan ampunan-Nya pada saat itu untuk umat Muslim yang beribadah. Bahkan, Rasulullah sendiri melakukan amalan ini. Pada suatu hadist, Aisyah ra mengatakan:

“Rasulullah SAW melakukan ibadah dengan sangat bersungguh-sungguh di sepuluh terakhir melebihi malam-malam lainnya.” (HR Muslim)

  1. Sedekah

Bersedekah di bulan suci ramadan menjadikan amalan ini lebih istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dalam HR. Bukhari dan Muslim menjelaskan bahwa keutamaan dari sedekah adalah sedekah pada bulan ramadan. Teman Digi bisa bersedekah mudah melalui Digizakat, yuk upayakan amalan sedekah di bulan suci ini dengan sebaik-baiknya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×