Tanya UstadzZakat News

Keistimewaan dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban yang Kamu Perlu Tahu!

Digizakat – Menjelang datangnya Ramadan ada satu malam yang dikatakan sebagai malam istimewa dan mulia yaitu malam Nisfu Sya’ban yang jatuh pada pertengahan bulan Sya’ban. Dan di dalamnya memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan malam-malam lainnya.

Pada malam tersebut, Allah menyuruh kita untuk menghidupkan malam tersebut, yaitu mengerjakan amalan-amalan karena dibukakan-Nya pintu rahmat yang sangat luas sehingga pengampunan dosa seorang hamba terbuka lebar.

Dalam suatu hadist Rasulullah bersabda, “Tatkala datang malam Nisfu Sya’ban, Allah memberikan ampunan-Nya kepada penghuni bumi kecuali bagi orang yang syirik dan berpaling dari-Nya (musyrik)” HR. At-Thabrani.

Dijelaskan Allah memberikan perhatian khusus pada malam tersebut, diampunkannya semua makhluk Nya yang meminta, berdo’a dan bermunajat kecuali hanya dua orang yang disebutkan dalam hadis tidak diampuni dosanya.

Begitu banyaknya keistimewaan di malam Nisfu Sya’ban sehingga perlunya kita sebagai umat muslim tahu apa saja keistimewaan tersebut dan amalan yang perlunya dikerjakan.

Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban

Pertama, malam diampunkannya dosa-dosa, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Allah SWT akan memberikan ampunan pada setiap dosa hamba-Nya di malam Nisfu Sya’ban kecuali orang syirik dan yang menyekutukan-Nya. Dalam HR Abu Musa Al-Asy’ari no.1144 Rasulullah bersabda “Allah SWT memandang hamba Nya di tengah malam Sya’ban dan mengampuni orang yang memohon ampunan bahkan meskipun banyaknya sebesar bulu domba di suku Kalb”

Kedua, dikabulkannya do’a, Allah akan mengabulkan permintaan dalam setiap doa yang dipanjatkan ketika malam itu, bahkan ada dalam suatu sabda nabi yang menjelaskan ada lima malam di mana Allah berjanji mengabulkan doa, salah satunya yaitu malam Nisfu Sya’ban dan dalam hadist dari Ali bin Abi Thalib yang juga menjelaskan permintaan seperti rizqi akan dikabulkan.

Ketiga, diturunkannya rahmat dan dibebaskannya dari api neraka. Pada malam Nisfu Sya’ban rahmat dan kebaikan Allah SWT akan turun ke bumi dan separuh dari umat nabi akan diangkat dari neraka lalu dipindahkan ke surga. Seperti dalam suatu hadist yang diriwayatkan Aisyah RA “Diriwayatkan bahwa dalam suatu malam yaitu Nisfu Sya’ban Rasulullah sedang duduk, kemudian malaikat Jibril mendatanginya dan ia mengatakan ‘Sesungguhnya Allah menyelamatkan separuh umatmu dari neraka”

Amalan yang Dikerjakan pada Malam Nisfu Sya’ban

Sebenarnya tidak ada hadist shahih yang menyebutkan amalan secara spesifik pada malam ini. Hal ini sejalan seperti yang dikatakan oleh Ustad Adi Hidayat pada suatu ceramahnya. Ketika itu sahabat nabi banyak beramal saja seperti ada yang perbanyak shalat, beristighfar. Nah ini dapat kita contoh yaitu dengan melakukan ibadah-ibadah sunah. Pertama membaca yasin 3x setelah shalat magrib yang banyak dianjurkan oleh para ulama dan setelahnya memperbanyak berdo’a kepada Allah. Dan ketika malamnya bisa diisi dengan shalat sunah wudhu, taubah, tahajud, hajad dan ditutup dengan shalat witir. Beristighfar dan bershalawat juga perlu dilakukan untuk menghidupkan malam tersebut.

Gimana nih teman digi sudah tahu kan keistimewaannya, yang sangat luar biasa ini, jadi yuk manfaatkan kesempatan yang ada untuk beribadah dan memohon ampunan kepada Allah, mari kita turut menghidupkan malam Nisfu Sya’ban ini, jangan sampai dilewatkan yaa karena mengingat banyaknya keutamaan yang akan diperoleh.

Salah satunya bisa dengan memperbanyak sedekah, melalui Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Digizakat. Sedekah mudah di mana saja dan kapan saja, caranya langsung KLIK DI SINI yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×