Zakat News

Buah & Sayur Pencerah Kulit Alami

Digizakat – Jika selama ini kamu hanya mengandalkan skincare untuk mencerahkan kulitmu, maka itu tidak cukup karena kamu masih membutuhkan asupan nutrisi alami dari buah dan sayur. Sejumlah buah dan sayur yang rutin kamu konsumsi akan membantu produk skincare yang kamu gunakan bekerja lebih cepat dan lebih maksimal untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit.  Berikut rekomendasi 10 buah dan sayur pencerah kulit alami!

  • Tomat

Tomat merupakan sumber likopen yang tinggi, suatu senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi peradangan, dan membantu mencerahkan warna kulit. Tomat juga mengandung vitamin C dan vitamin A yang bagus untuk kulit. Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat memberikan manfaat dalam upaya mencerahkan kulit dan menjaga kecantikan kulit secara alami. Tidak disarankan untuk menggunakan tomat sebagai masker wajah karena akan menimbulkan iritasi.

  • Mentimun

Mentimun adalah produk hidrasi alami karena kandungan air yang tinggi. Mentimun juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan tanin, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan faktor lingkungan. Meskipun dalam jumlah sedikit, vitamin C yang ada pada kandungan mentimun akan membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Kamu dapat mengonsumsinya langsung ataupun menjadikannya sebagai masker wajah dengan memotong tipis kemudian tempelkan pada bagian bekas jerawat.

  • Kiwi

Buah ini memiliki kandungan yang sangat kaya, diantaranya adalah vitamin C yang merupakan antioksidan yang membantu mengurangi produksi melanin, menyamarkan noda gelap, dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah. Selain itu terdapat juga vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Kiwi juga mengandung vitamin K yang dapat membantu mengurangi lingkaran gelap di sekitar mata dan bintik-bintik merah pada kulit, memberikan tampilan kulit yang lebih merata. Mengkonsumsi kiwi dengan rutin akan membuat kulitmu lebih cerah dan membantu memudarkan penuaan dini.

  • Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E dan lemak sehat yang membantu menjaga kelembapan kulit, meredakan peradangan, serta memberikan nutrisi untuk kulit yang sehat. Kombinasi ini dapat membantu mencerahkan dan memberikan tampilan kulit yang lebih segar. Kamu dapat mengkonsumsinya langsung dengan mencampurkannya dengan madu atau menambahkannya ke dalam salad. 

  • Jeruk

Kandungan pada buah jeruk kaya akan vitamin C, yang daoar membantu merangsang produksi kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah serta merata. Mengkonsumsi jeruk dapat membantu mempercepat produk skincare yang kamu gunakan untuk mencerahkan kulit. 

  • Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C yang tinggi, suatu antioksidan kuat yang membantu mengurangi noda hitam pada kulit karena paparan sinar matahari, mencerahkan kulit, dan menjaga kulit agar tetap segar. Kamu dapat mengkonsumsi stroberi dengan membuatnya sebagai jus ataupun smoothies yang lezat. Tambahkan madu sebagai pemanis alami pengganti gula.

  • Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, yang dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi hiperpigmentasi, menghilangkan sel kulit mati, dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah. Penggunaan lemon dengan bijak dalam perawatan kulit dapat memberikan manfaat dalam upaya mencerahkan kulit. Kamu dapat mengkonsumsinya sebagai campuran infused water. Kamu dapat mengkombinasikannya dengan mentimun ataupun buah lainnya.

  • Labu

Labu mengandung vitamin A, C, dan seng. Seng yang terdapat dalam labu dapat membantu mengatur produksi minyak kulit, memperbaiki tampilan kulit, serta mengecilkan pori-pori.

Kamu dapat mengkonsumsi labu secara langsung dengan mengukusnya terlebih dahulu atau dibuat sebagai masker labu dengan mencampurkan tiga sendok teh labu, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh susu. Aplikasikan ke wajah selama 15-20 menit untuk hasil yang maksimal.

  • Buah Bit

Buah bit mengandung zat besi, vitamin C, dan serat. Kandungan zat besi pada buah bit dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit dan memberikan tampilan kulit yang lebih segar. Vitamin C berperan dalam merangsang produksi kolagen untuk kulit yang lebih cerah dan kencang. Serat dalam buah bit membantu membersihkan tubuh dari racun, menjadikan kulit bebas dari jerawat. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker wajah dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Tunggu 10-20 menit dan bilas. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan bintik dan noda hitam pada wajah.

  • Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain, vitamin A, C, dan E. Enzim papain membantu menghilangkan sel kulit mati, memberikan tampilan kulit yang lebih segar. Vitamin A dan C merangsang produksi kolagen, meningkatkan kecerahan dan elastisitas kulit. Vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menjaga kelembapan, dan mencerahkan kulit. Kamu dapat mengkonsumsi pepaya secara langsung karena selain baik untuk kesehatan kulit, pepaya juga sangat baik untuk pencernaan.

Itulah 10 buah dan sayur pencerah kulit alami. Namun teman digi perlu untuk berhati-hati pada kandungan tertentu yang ada dalam buah dan sayur di atas karena jika kamu salah mengkonsumsinya akan menyebabkan iritasi ataupun timbulnya jerawat. 

Teman Digi, agar kebaikan makanan yang kita konsumsi semakin terasa keberkahannya, mari sedekahkan sebagian harta kita karena dari harta tersebut terdapat hak saudara kita yang membutuhkan. Yuk sedekah di DI SINI !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×