Zakat News

Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

suasana menjelang sholat subuh di bulan suci ramadhan,
Keutamaan Puasa Photo by pixabay

Puasa ramadhan merupakan ibadah wajib yang di bebankan kepada umat muslim untuk menunaikan rukun iman ke empat, puasa ramadhan ini di lakasanakan oleh umat islam selama sebulan penuh. selain wajib, puasa ramadhan juga memiliki beberapa keutamaan:

Fidyah: Niat, Cara Hitung, Pembayaran dan Hukum

  1. Puasa Adalah Perisai

keutamaan pertama puasa sebagai perisai yang dapat melindungi seseorang hamba dari api neraka hal tersebut sesuai dengan sabda nabi SAW ”Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.”(HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’)

2. Bau Mulut Orang yang Bepuasa Lebih Harum di Sisi Allah daripada Bau Minyak Kasturi

keutamaan selanjutnya yaitu Bau Mulut Orang yang Bepuasa Lebih Harum di Sisi Allah daripada Bau
Minyak Kasturi, hal tersebut sesuai dengan sabda nabi SAW “Demi yang jiwa Muhammad berada di tanggan-Nya, sungguh bau mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah dari pada bau misk.” [HR. Syaikhân (al-Bukhari dan Muslim]

3.Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pahala yang Tak Terhingga

keutamaan orang yang berpuasa pada bulan ramadhan adalah mendapatkan pahala yang tak terhingga, Hal ini berdasarkan hadits shahih yang menyebut bahwa Nabi SAW bersabda “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan speuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim).

4. Mendapatkan Ampunan dari Alloh SWT

Keutamaan puasa berikutnya orang yang berpuasa pada bulan ramadhan akan mendapatkan ampunan dosa dari alloh SWT, ini berdasarkan hadits shahih, Nabi SAW bersabda ”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Orang yang Berpuasa Doanya Mustajab

selain mendapatkan ampunan dan pahala yang tak terhingga, orang yang berpuasa pada bulan ramadhan waktunya yang paling mustajab untuk berdoa Dalam sebuah hadits juga dijelaskan, “Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: Demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini.” (HR. Ahmad).

6. Bagi Orang yang Berpuasa akan disediakan Surga  Ar Rayyan

keutamaan puasa berikutnya adalah orang yang berpuasa akan disediakan surga ar rayyan, hal tersebut sesuai dengan sabda nabi SAW ”Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka, ’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ar Rayyan, Pintu Surga Khusus bagi Orang yang Berpuasa

7. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Syafaat dari Alloh SWT

selain mendapatkan surga ar rayyan, orang yang berpuasa juga akan mendapatkan syafaat  dari alloh SWT pada hari kiamat nanti, hal tersebut berdasarkan sabda nabi SWT ”Puasa dan Al Qur’an itu akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata, ’Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafa’at kepadanya’.  (HR. Ahmad, Hakim, Thabrani,)

inilah beberapa keutamaan-keutamaan puasa di bulan ramadan, semoga kita bisa memaksimalkan ibadah puasa kita di bulan Ramadhan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×