Keuangan

Membangun Masa Depan dengan Investasi Syariah

Digizakat – Salah satu keuntungan dengan berinvestasi yaitu dapat membangun masa depan. Kebutuhan di masa mendatang berupa peningkatan asset terpenuhi dengan investasi yang dimilki. Namun seorang muslim perlu memerhatikan investasi yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip dan hukum syariah.

Investasi syariah menjadi jawaban sekaligus solusi dari kekhawatiran umat muslim untuk menjadikan investasi sebagai pilihan dalam membangun masa depan yang cerah. Keberkahan dari keuntungan yang didapatkan merupakan poin utama investasi syariah dibanding investasi lainnya dengan penerapan syariat Islam yang dinaungi langsung oleh MUI melalui pengeluaran fatwa Dewan Syariah Nasional.

investasi syariah

Lantas kenapa harus Investasi Syariah?

Perkembangan investasi syariah terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahunnya di Indonesia dari segi jumlah investornya ataupun emiten di pasar saham. Melansir kontan.co.id, Sejak 2011 hingga 27 Oktober 2020, jumlah saham syariah meningkat 90,3 persen, dari 237 menjadi 51, menurut dari data Bursa Efek Jakarta (BEI). Dan angka itu setara dengan 63,6 persen saham BEI.

Melihat perkembangan investasi syariah yang sangat pesat dari setiap tahunnya, tentunya menghasilkan potensi dan peluang yang sangatlah besar untuk membangun masa depan. Kebutuhan investor seperti modal untuk biaya-biaya kebutuhan di kemudian hari menjadi terjamin dan ada banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan. Tak heran apabila investasi syariah sudah semakin diminati saat ini di negara Indonesia yang mayoritas Muslim sebagai persiapan perencanaan masa depan.

Ada banyaknya alasan investasi syariah lebih menarik dibandingkan konvensional dalam rangka membangun masa depan investor dengan kelebihan dan keunggulan yang dimilikinya. Teman digi harus tahu ini!

  1. Manajemen Sesuai Prinsip Syariat

Aktivitas bisnis yang dijalani umat Muslim harus sejalan dengan prinsip dan hukum syariat yang ada salah satunya yaitu terhindar dari beberapa unsur seperti gharar atau ketidakjelasan, riba dan  maysir atau judi. Kesepakan yang dilakukan juga harus memenuhi akad dengan adanya keridhaan. Semua manajemen investasi syariah sudah sesuai dengan nilai-nilai syariat Islam dan mengutamakan kepercayaan dan keberkahan.

  1. Terhindar dari Riba dan Sudah Pasti Halal

Investasi syariah yang berlandaskan prinsip syariat dalam operasionalnya tentunya proses perekonomian tersebut tidak mengandung riba yang dilarang dalam Islam dan secara tegas melarang hal-hal buruk yang tidak mencerminkan umat Muslim seperti manipulasi dan penipuan.

  1. Lebih Sedikit Resiko

Investasi syariah dengan akad yang diterapkan didalamnya sudah sangat adil dengan harus mencapainya mufakat dari kedua belah pihak sehingga tidak ada yang dirugikan. Pelaporan terkait proses bisnis perusahaan juga dilakukan secara transparan agar terhindar resiko penipuan.

  1. Meningkatkan Kekayaan di Masa Depan

Nilai tambah aset dari investasi akan terus meningkat, seperti berupa emas dengan harga yang semakin tinggi menambah kekayaan harta dan penghasilan investor menjadi terus meningkat. Peningkatan biaya di masa mendatang akan teratasi dan bahkan adanya inflasi dapat terimbangi.

  1. Terdapat Nilai Sosial

Investasi syariah mengandung nilai ibadah yang dilakukan umat Muslim didalamnya dalam rangka peningkatan kualitas ekonomi yang sesuai dengan syariah. Kegiatan sosial yang bermanfaat dalam berinvestasi syariah menjadi penggerak mengurangi pengangguran dan kemiskinan melalui investasi syariah.

Jenis-jenis Investasi syariah ada tujuh diantaranya yaitu tabungan, deposito, reksadana, sukuk, saham syariah, emas dan properti yang masing-masing memiliki fungsinya tersendiri dan investor dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikannya.

investasi syariah

Nah Teman Digi masih ragu dan takut gak nih untuk memulai investasi syariah. Peluang membangun masa depan yang cerah melalui investasi syariah sangatlah besar bahkan perencanaan investasi sudah ada sejak zaman Nabi Yusuf yang diceritakan dalam QS. Yusuf ayat 47-49 dengan konsepnya yang dapat dipelajari. Pertumbuhan ekonomi jangka panjang untuk masa depan melaui investasi syariah yang pastinya aman harus dimanfaatkan kesempatannya nih.

Yuk investasi syariah demi membangun masa depan yang cerah, termasuk investasi akhirat dengan infaq dan sedekah. Sedekah mudah bisa lewat Digizakat, silakan KLIK LINK nya di sini yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×