Tanya UstadzZakat News

Mengingat Allah SWT dengan Berzikir

Digizakat – Mengingat Allah Swt yang telah menciptakan kita sejatinya sangat perlu dilakukan oleh umat Muslim. Bahkan Allah sendiri yang telah memerintahkan kita dengan firman-Nya dalam Q.S. Ar-Rad ayat 28: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram”.

Nah teman digi cara kita mengingat Allah dapat dilakukan dengan media dzikir. Dengan senantiasa berdzikir maka kita telah beribadah untuk terus mengingat Allah SWT.  Ada banyaknya keutamaan dalam berdzikir, yuk simak!

mengingat Allah

  1. Ketenangan Hati

Mengingat Allah dengan dzkir sangat mudah dan ringan untuk dilakukan berbagai kalangan. Bahagia dan ketentraman hidup akan didapatkan dan ini juga dikatakan sebagai healing terbaik. Ketenangan hati yang dicari setiap orang bukan dengan materi melainkan dengan banyak berdzikir, karena satu-satunya ketenangan datangnya dari Allah. Orang yang jika hatinya berdzikir diawali dengan mengingat Allah, In Syaa Allah hatinya akan terasa ketenangan dan ketentraman.

  1. Obat Penenang Jiwa

Ketika seseorang sedang lelah batin, perasaan, hati dan jiwa sakit maka cara mengobatinya adalah dengan dzikrullah yaitu obat yang ada di langit karena jiwa atau roh kita ditiupkan oleh Allah asalnya dari langit berbeda dengan jasad dan fisik yang asalnya dari bumi. Hal ini sejalan dengan pendapatnya Ustadz Hanan Attaki. Tidak ada cara lain menenangkan jiwa selain dzikir.

  1. Salah Satu Nikmat Terbesar

Berdzikir merupakan nikmat terbesar yang kita dapatkan. Mengutip perkataan Ustadz Irfan Rizki Haas dalam suatu ceramahnya mengatakan “Musibah terberat dalam hidupmu bukan ketika kamu kehilangan harta, kehilangan pangkat dan jabatan tetapi ketika lisanmu sudah tidak lagi berdzikir menyebut nama Allah dan mengagungkan-Nya”. Jadi dapat kita simpulkan dengan seorang hamba sudah tidak bisa lagi berdzikir maka itu adalah musibah terberat karena kehilangan kesempatan merasakan nikmat besar Allah.

  1. Amalan dengan Derajat Tertinggi

Amalan ini juga dikategorikan dengan derajat tertinggi melebihi sedekah dan pastinya terbaik seperti sabda nabi SAW dalam suatu hadistnya yang shahih dimana isinya nabi memberitahukan mengenai amalan terbaik dan paling suci di sisi Allah SWT bahkan lebih tinggi derajatnya dibandingkan infaq emas dan perak yaitu dzikrullah (mengingat Allah). (HR. Tirmidzi)

Rasulullah SAW selalu berdzikir setiap waktu. Dalam suatu riwayat Abdullah Bin Busr  di HR. Tirmidzi ada salah satu sahabat Nabi ketika itu berkata, “Ya Rasulullah. Saya kewalahan dengan begitu banyak ajaran Islam. Jadi beri tahu saya sesuatu yang mungkin saya pegang teguh.” Lalu Nabi pun menjawabnya, “Jaga lidahmu tetap basah dengan mengingat Allah.”

  1. Meraih Ridha Allah

Dzikir mampu mendekatkan kita kepada Allah sehingga keridhaan-Nya juga dapat diraih. Aktivitas yang dijalankan setiap hari akan kurang rasanya jika tidak mendapat ridha Allah. Segala kesulitan kemungkinan akan dihadapi karena tanpa adanya ridha Allah. Mengingat dan yakin atas segala kebaikan yang telah Allah berikan dengan selalu berdzikir adalah salah satu cara mendapat ridha-Nya.

mengingat Allah

Lalu Bagaimana Cara Berdzikir Kepada Allah?

Ada dua cara berdzikir kepada Allah yaitu pertama dengan lisan, yang dimaksud disini itu kita selalu mengawali segala sesuatu dalam kehidupan dengan menyebut nama Allah lalu yang kedua dzikir hati atau qalbu seperti firman Allah yang menyebutkan bahwa hati kita sampai bergetar dengan mengingat Allah, bukan hanya dengan sekedar mengucapkan nama Allah tetapi kita juga ingat dengan pikiran kita dan kemudian ingatan tersebut dimasukan ke dalam hati dalam bentuk yakin dan percaya adanya Allah, sudah melibatkan Allah maka serahin semuanya kepada Allah.

Yuk teman digi luangkan waktunya sejenak mengingat Allah dengan berdzikir selagi lisan kita masih memiliki kesempatan tersebut. Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh salah satunya ketenangan hati. Ketenangan hati juga bisa kita peroleh dengan mensucikan harta kita melalui zakat, infaq dan sedekah. Teman digi bisa lakukan hanya dengan klik kapan saja di mana saja, melalui Digizakat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×