Zakat News

Banjir Banten Meluas Hingga 79 Lokasi Terdampak

Digizakat.com – Banjir yang melanda Kota Serang, Banten, dan sekitarnya pada Selasa (1/3/2022) lalu akibat dipicu hujan deras telah ditetapkan berstatus tanggap darurat banjir selama lima hari ke depan. Hingga hari ini Jumat (4/3/2022), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang mencatat data sementara titik banjir bertambah menjadi 79 lokasi terdampak.

Sedangkan, ada sekitar 10.155 jiwa dan 1.447 kepala keluarga (KK) terdampak banjir yang tersebar di enam kecamatan dan puluhan kelurahan di Kota Serang. Jumlah kerusakan rumah akibat banjir juga bertambah, menjadi 4.357 rumah yang terdampak banjir.

Selain itu, ada sekitar tujuh rumah yang hanyut, dan empat kontrakan akibat terjangan arus air banjir pada Selasa 1 Maret 2022.

“Untuk kerugian materil rumah hanyut ada tujuh, dan empat kontrakan. Di Kecamatan Taktakan, Magersari, Lopang Cilik, dan di Pekarungan empat kontrakan hanyut,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Serang Diat Hermawan, dilansir dari kabarbanten.

Kemudian di Kecamatan Kasemen, terdapat tiga rumah yang hanyut terbawa banjir.

“Di lingkungan Sukadana, lalu di lingkungan Keluncing ada dua rumah. Atas nama Samaluti dengan pekerjaan buruh harian lepas, dan Saprudin Wiraadi Kusuma, semuanya di Kecamatan Kasemen,” ujarnya.

Sedangkan untuk kerusakan rumah dengan tingkat rusak berat, saat ini terdata empat rumah.

Seluruhnya berada di lingkungan Pekarungan, Kelurahan Kagungan RT 04/02, dengan masing-masing pemilik Rijal, Yepi, Gembok, dan atas nama Mahdi.

Sementara ini, data kerusakan rumah dan warga terdampak banjir terdapat di lingkungan Taman Angsoka Permai, Kecamatan Kasemen.

Sebab, sebanyak 420 rumah terdampak, dan sekitar 1.700 warga terdampak dalam bencana banjir.

“Memang yang paling terdampak itu di Kecamatan Kasemen, paling banyak kerusakan rumah dan warga yang terdampak,” tuturnya.

Hingga hari ini curah hujan yang tinggi membuat beberapa titik di wilayah Banten mengalami banjir dan sampai sekarang masih belum surut.

Aksi Tim LAZ Harfa Bantu Penyintas Banjir Banten

Tim LAZ Harapan Dhuafa (LAZ HARFA) tengah bergerak dengan menyediakan makanan, air minum, selimut dan tikar untuk tahap awal bantuan yang dibutuhkan penyintas.

Ayo bantu penyintas banjir Banten dengan berdonasi melalui dengan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×