DonasiZakat News

Bantuan Masyarakat Indonesia untuk Gempa Turki Melalui OPZ Anggota FOZ

Digizakat – Bantuan dan dukungan masyarakat Indonesia terhadap korban terdampak gempa Turki melalui Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) terus mengalir. Saat ini, beberapa OPZ telah turun ke lokasi terdampak bekerja sama dengan Mitra Lokal. Tak hanya pada masa darurat, OPZ anggota FOZ berencana untuk melakukan respon pada fase rehabilitasi dan rekontruksi.

Sebagaimana diketahui, gempa dahsyat berkekuatan 7,7 Magnitudo menguncang sebagian kota di Turki pada, Senin (6/2/2023) lalu. Hingga kini, jumlah korban meninggal terus bertambah bahkan sudah mencapai puluhan ribu jiwa terdampak. Selain dilanda gempa, warga terdampak juga mengalami kedinginan. Pasalnya, saat ini wilayah Turki sedang mengalami musim dingin yang cukup ekstrim.

Kami rangkumkan beberapa aksi OPZ anggota FOZ korban terdampak gempa Turki untuk teman digi, silakan simak yaa!

 

Rumah Zakat Kirim Bantuan Selimut dan Baju Hangat bagi Korban Gempa Turki

Rumah Zakat mengirim tim relawan dan mendistribusikan bantuan darurat bagi korban gempa Turki. Dalam penyaluran bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana di Turki, Rumah Zakat terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Kedubes Indonesia Untuk Turkiye, FOZ (Forum Zakat), HFI (Humanitarian Forum Indonesia), Seahum (SouthEast Asia Humanitarian Commitee), PPI (Persatuan Pelajar Indonesia), BNPB, dan Basarnas, serta NGO Setempat.

bantuan masyarakat indonesia
bantuan masyarakat indonesia

Melalui kerjasama dengan NGO lokal di Turki, Rumah Zakat menyalurkan bantuan berupa selimut dan pakaian musim dingin untuk warga Hatay, salah satu wilayah terdampak gempa yang parah. Selain itu, Rumah Zakat juga akan terus mengupayakan untuk bisa menyalurkan bantuan lainnya, seperti makanan siap saji, tenda, serta obat-obatan serta keperluan logistik lainnya.

 

Relawan Wahdah Inspirasi Zakat Turut Evakuasi Korban Gempa

Gabungan relawan dari Indonesia dan Organisasi Internasional IHH, membentuk regu penyelamat turut melakukan evakuasi korban gempa bumi di Turki. Fazli Parewangi, salah satu relawan dari Lembaga Amil Zakat Nasional Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) mengatakan regu relawan Indonesia berhasil mengevakuasi korban lima selamat dari dalam reruntuhan bangunan di daerah Kahramanmara, Turki.

bantuan masyarakat indonesia
bantuan masyarakat indonesia

Tak hanya itu, Relawan Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) juga menyerahkan langsung bantuan logistik ke sejumlah lokasi untuk para warga terdampak gempa di Turki. Berdasarkan laporan, kondisi jalanan di Turki sudah lebih baik dan aman untuk dilalui sehingga mereka bisa berikan langsung ke masyarakat.

Relawan WIZ memberikan sejumlah bantuan berupa kebutuhan pokok yakni makanan, kebutuhan musim dingin seperti selimut, sarung tangan dan kaos kaki. Selain memberikan langsung kepada korban, para relawan juga memberikan bantuan ke pusat penyaluran yaitu Basarnas Turki.

 

Inisiatif Zakat Indonesia Distribusikan Bantuan untuk WNI Terdampak Gempa Turki

Tim Relawan IZI mendistribusikan bantuan untuk WNI yang mengungsi di kota Ankara, Turki. Bantuan berupa Jaket winter, Kaos kaki, Pembalut, Pempers, Selimut, Pakaian dalam laki-laki & perempuan, Makanan.

Sebelumnya, Inisiatif Zakat Indonesia melalui Tim Relawan Kemanusiaan IZI berkoodinasi dengan Departemen Pendidikan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar RI, Perhimpunan Pelajar Indonesia di kota-kota Turki  terkait optimalisasi pendistribusian bantuan untuk WNI yang terdampak gempa.

bantuan masyarakat indonesia
bantuan masyarakat indonesia

 

Teman Digi, ayo turut peduli membantu masyarakat yang terdampak bencana di Turki, kamu dapat langsung berdonasi melalui Digizakat, dengan cara KLIK LINKNYA DI SINI! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×