Halal LifestyleKesehatan

Hindari Kombinasi Skincare Ini Agar Wajah Tidak Breakout 

Digizakat – Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan Breakout pada wajah adalah penggunaan kombinasi skincare yang tidak cocok saat digunakan secara bersamaan. Untuk menghindari kemunculan jerawat akibat penggunaan kombinasi skincare yang tidak tepat, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  1. Retinoid atau Retinol dengan AHA

Retinol atau retinoid adalah bentuk turunan dari vitamin A yang digunakan dalam produk perawatan kulit. Mereka memiliki sejumlah manfaat untuk kulit, termasuk kemampuan untuk merangsang produksi kolagen, mengurangi kerutan dan garis halus, serta mengatasi masalah jerawat. Retinol bekerja dengan merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat, membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, dan meningkatkan regenerasi sel. Penggunaan retinol harus hati-hati karena bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan, dan sensitivitas. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk pemakaian yang tepat.

AHA, singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, adalah kelompok asam organik yang digunakan dalam produk perawatan kulit. AHA termasuk asam glikolat, asam laktat, dan asam sitrat, yang semuanya berfungsi untuk eksfoliasi kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, menghilangkan noda hitam, dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah dan segar. AHA dapat digunakan dalam bentuk toner, peeling, atau produk lainnya.

Karena kedua kandungan tersebut bekerja dengan cara mengikis lapisan terluar kulit, maka jika keduanya dikombinasikan di waktu yang bersamaan akan membuat kulit menjadi iritasi. Kulit akan menjadi sangat kering, terasa perih, kemerahan, dan terkelupas.

2. Niacinamide dan AHA

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide memiliki beragam manfaat untuk kulit, termasuk mengurangi kemerahan, mengendalikan produksi minyak berlebihan, mengurangi pori-pori tampak besar, mengurangi garis halus, dan mencerahkan kulit. Ini adalah bahan yang cocok untuk hampir semua jenis kulit dan sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Namun dibalik segudang manfaat yang terkandung di dalamnya, ternyata jika niacinamide dikombinasikan dengan AHA akan menghasilkan asam nikotinat yang mengiritasi kulit kita. 

3. Vitamin C dan AHA/BHA

Vitamin C adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Serta memiliki beragam manfaat untuk kulit, seperti sebagai antioksidan, pencerah kulit, dan sebagai perlindungan tambahan terhadap paparan sinar matahari. 

Baik vitamin C ataupun AHA/BHA memang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Namun jika keduanya dipakai di saat yang bersamaan dapat membuat kulit lebih sensitif. Kedua bahan ini bersifat eksfoliatif, yang berarti mereka membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Ini dapat meningkatkan potensi iritasi jika digunakan bersamaan, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

Mengkombinasikan kedua jenis produk eksfoliatif ini tanpa perhatian dapat menyebabkan over-exfoliasi. Over-exfoliasi dapat membuat kulit kita menjadi lebih tipis, kering, sensitif, dan bahkan merusak lapisan pelindung kulit.

4. Retinol atau Retinoid dengan Benzoyl Peroxide

Retinol ataupun benzoyl peroxide merupakan bahan aktif yang sudah dikenal banyak orang karena khasiatnya dalam mengatasi berbagai permasalahan pada kulit, seperti membantu menghilangkan jerawat. 

Namun jika digunakan secara bersamaan, benzoyl peroxide akan mematikan molekul retinoid. Akibatnya, kedua bahan aktif tersebut tidak bekerja dengan maksimal dan justru akan mengiritasi kulit kita. 

Bagi kamu yang terlanjur memiliki skincare dengan kandungan-kandungan di atas, jangan berkecil hati. Kamu bisa menyiasatinya dengan cara menggunakannya di waktu yang berbeda. Misalnya jika kamu menggunakan produk eksfoliasi mengandung AHA/BHA di malam hari, kamu dapat menggunakan produk mengandung vitamin C di pagi hari. Atau jika ingin lebih teratur, buatlah jadwal penggunaan skincare setiap harinya.

Teman Digi, selain harus lebih hati-hati dalam menggunakan skincare, kita juga harus lebih berhati-hati dalam menyedekahkan harta kita agar sedekah kita tepat sasaran. Nah, kamu tetap bisa #melanjutkanperjuangan dengan sedekah mudah kapan saja dan di mana saja di Digizakat, langsung klik DI SINI ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×