Food & Travel

Menu Berbuka Puasa Praktis dan Sehat, Moms Perlu Tahu!

Digizakat – Momen yang paling ditunggu ketika ramadan adalah tibanya waktu berbuka. Kebanyakan moms pasti memikirkan menu apa yang paling pas dan cocok untuk disantap dan tentunya tidak repot dalam pembuatannya.

Menu berbuka yang praktis dapat dijadikan rekomendasi untuk keluarga dengan pengolahan yang tepat akan terasa enak meskipun sederhana. Namun di samping praktis juga harus sehat demi tercukupinya nutrisi sehingga dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Berikut beberapa ide menu praktis dan sehat, yuk simak!

  1. Tumis Sayuran Hijau

Tumisan sayur sangat praktis dan tidak ribet, bahan-bahan yang diperlukan juga tidak banyak hanya dengan menyediakan beberapa sayuran seperti sayuran hijau yang sehat dan mengandung banyak protein.

Tumisan brokoli ataupun capcay bisa disajikan sebagai menu buka puasa karena terdiri dari berbagai sayuran yang baik untuk tubuh. Proses membuatnya cukup mudah dan memerlukan waktu sedikit. Minyak yang diperlukan untuk menumis juga tidak banyak sehingga masih cukup sehat. Tumisan buncis dicampur dengan potongan tahu ataupun tempe juga sangat rekomen.

  1. Bening Bayam dengan Jagung

Sayur bening sangat baik untuk tumbuh karena tidak menggunakan minyak. Bening bayam ditambah denga jagung wajib dicoba dan sangat cocok untuk anak-anak dengan kandungan vitamin B pada bayam untuk pembentukan sel darah. Disajikan ketika masih hangat jauh terasa lebih enak.

  1. Sup Ayam

Mengonsumsi sup dapat menghangatkan tubuh sehingga sangat cocok dihidangkan saat musim hujan di ramadan. Banyak khasiat yang didapatkan dari sup ayam ini loh!

Sup ayam juga dapat meningkatkan selera makan. Kaya akan kandungan gizi menjadi sumber energi untuk daya tahan tubuh. Makanan ini pastinya sangat disukai semua kalangan sampai anak-anak. Pembuatannya tidak rumit dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

  1. Salad Sayur dan Buah

Kebutuhan akan serat juga harus dipenuhi ketika berpuasa. Salad sayur atau buah salah satu menu yang jadi pilihan. Banyaknya manfaat sebagai penunjang kesehatan selama berpuasa seperti memperlancar pencernaan, baik untuk jantung dan berat badan dapat tetap terjaga. Komposisi sayuran dan buah yang tepat mempengaruhi nutrisi yang didapat.

  1. Pepesan ikan atau Ayam

Makanan yang dikukus atau direbus jauh lebih baik untuk dikonsumsi. Pepesan ikan dan ayam wajib dicoba nih. Nutrisi baik terdapat didalamnya dengan banyak protein dan juga vitamin. Pepesan ikan dan ayam memiliki rasa yang sangat enak, mudah untuk dibuat dan pastinya sehat. Ikan dan ayam juga biasanya menu utama dalam hidangan makanan.

  1. Telur Goreng

Menu satu ini biasanya sering jadi pilihan di rumah karena mudah dicari tetapi memiliki protein yang juga tinggi. Membuat telur goreng atau ceplok untuk berbuka puasa sangat praktis namun tetap lezat dan mengenyangkan perut.

  1. Sambal Goreng Kentang

Makanan ini menjadi lauk yang paling pas untuk nasi. Sederhana namun sangat menggugah selera terutama ketika disantap bersama keluarga. Menu ini dijadikan favorit oleh banyaknya orang Indonesia. Makanan pedas menjadi pelengkap buka puasa yang cocok.

  1. Tahu dan Tempe Goreng

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada makanan pendamping. Tahu dan tempe goreng yang kaya akan gizi dan nutrisi ini bisa menjadi makanan pendamping agar terasa lebih nikmat berbuka puasanya. Menu ini cocok dipadukan dengan sayur dan lainnya.

  1. Es Kelapa

Minuman berbuka puasa biasanya yang utama harus istimewa untuk menyegarkan tubuh. Kelapa dapat mengembalikan energi baik itu buahnya ataupun air kelapanya. Es kelapa sangat nikmat disajikan, sangat praktis dan mudah juga untuk dibuat. Kesegaran akan didapatkan ketika meminumnya.

  1. Sop Buah

Campuran aneka buah yang ditambahkan dengan sirup dan es yang paling sering disukai dan dicari untuk berbuka puasa. Salah satu minuman favorit yang sangat segar dari macam-macam buah dan cocok menjadi pilihan pelepas dahaga.

Nah itu dia rekomendasi menu berbuka praktis yang sehat! Oh ya, aktivitas zakat, infaq dan sedekah juga bisa dilakukan dengan praktis di bulan Ramadan melalui Digizakat, caranya bisa langsung klik linknya di sini yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×