Halal Lifestyle

Ini Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

digizakat – Sholawat Nabi, atau pujian kepada Nabi Muhammad SAW, adalah amalan yang memiliki keutamaan dan kebaikan luar biasa dalam Islam. Sholawat yang kita tujukan kepada Nabi Muhammad SAW juga dapat bernilai pahala bagi yang mengamalkannya. Bahkan sholawat Nabi juga terdapat pada bacaan sholat wajib, yaitu shalawat ibrahimiyah, berikut bunyinya :ٌ

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid”.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa keutamaan membaca sholawat nabi, yang akan mendatangkan berkah, juga membawa perubahan positif dalam hidup kita.

Mendapatkan Syafaat

Dalam riwayat hadits, Allah telah memberikan janji kepada Nabi Muhammad SAW bahwa beliau akan menjadi penolong bagi mereka yang rajin membaca sholawat pada Hari Kiamat. Hal ini menjadi harapan besar bagi umat Islam, karena syafa’at yang diberikan oleh Nabi adalah peluang untuk memperoleh pengampunan di hari pembalasan nanti.

Terkabulnya Doa

Keutamaan membaca sholawat Nabi dipercaya akan membantu dikabulkannya doa-doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk sering bersholawat. Namun penting untuk diingat bahwa niat kita adalah untuk ibadah, bukan untuk dunia semata.

Diangkat Derajat di Mata Allah

Allah menjanjikan akan mengangkat derajat sebanyak sepuluh derajat bagi orang yang mengamalkan sholawat Nabi, sebagaimana dalam hadits yang berbunyi, “Barang siapa bersholawat satu kali saja, Allah SWT akan memberinya sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya.”

Menghindarkan dari Sifat Lupa

Ketika kita rajin bersholawat Nabi, maka pikiran kita akan terlatih untuk lebih fokus sehingga kita akan terhindar dari sifat lupa.

Mendapat 10 Balasan Sholawat dari Allah SWT

Selain diangkat derajat oleh Allah SWT, keutamaan membaca sholawat nabi juga akan mendapatkan 10 balasan sholawat dari Allah SWT, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW, “”Orang yang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan beri sholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR Muslim)

Dihapus Keburukan

Keutamaan yang tak kalah menakjubkan dari satu kali melantunkan sholawat Nabi adalah dituliskan sepuluh kebaikan dan dihapuskan sepuluh keburukan bagi orang yang mengamalkannya.

Bernilai Sedekah

Selain bernilai pahala yang besar, sholawat juga bernilai sedekah bagi yang mengamalkannya. Maka banyak-banyaklah bersholawat agar kebaikannya tidak hanya bermanfaat bagi kita, tapi bagi orang-orang di sekitar kita.

Membersihkan Hati dan Pikiran

Membaca shalawat bukan hanya membersihkan hati kita, tetapi juga pikiran kita. Ini adalah cara untuk menjauhkan diri dari pikiran negatif, dosa, dan kesalahan. Sholawat membawa kedamaian dan ketenangan kepada yang membacanya.

Meraih Berkah

Membaca shalawat secara rutin akan mendatangkan berkah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini bisa berarti keberuntungan dalam pekerjaan, kesuksesan dalam studi, dan kebahagiaan dalam rumah tangga. Allah memberikan berkat kepada mereka yang mengingat-Nya dan Nabi-Nya.

Mengingat Ajaran dan Memperkuat Cinta Kepada Nabi

Membaca sholawat adalah cara kita mengingat dan memelihara ajaran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Ini memperkuat ikatan kita dengan petunjuk yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW, yang merupakan teladan sempurna dalam hidup kita.

Itulah keutamaan-keutamaan luar biasa yang akan kita dapatkan dengan bersholawat Nabi. Namun niatkan sholawat yang kita tujukan kepada Nabi kita sebagai ibadah yang tidak hanya mengharapkan kebaikan dunia namun juga kebaikan di akhirat kelak. Selamat merayakan Maulid Nabi!

Ayo rayakan Maulid Nabi dengan memberikan kasih dan berkah kepada sesama. Mari kita bersedekah karena memberi adalah cara terbaik untuk merayakan cinta dan teladan dari Nabi Muhammad SAW. Nah sekarang teman Digi tidak perlu bingung akan bersedekah kemana karena sekarang kamu dapat bersedekah dengan mudah dan terpercaya di Digizakat yang bisa langsung kamu akses DI SINI ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×