Halal Lifestyle

Anjuran dan Keutamaan Puasa Tasu’a & ‘Asyura

Digizakat – Muharram merupakan bulan pertama dari tahun Hijriah. Pada tahun 2023, bulan Muharram dimulai pada Rabu, 19 Juli 2023 dan akan berlangsung dalam 30 hari ke depan. Bulan Muharram memiliki berbagai keutamanaan, dan dianjurkan umat Muslim untuk memperbanyak amalan dan ibadah salah satunya adalah puasa Tasu’a dan ‘Asyura.

Anjuran puasa ‘Asyura termaktub pada salah satu Hadis riwayat Imam Muslim dan Imam Bukhari.

“Sesungguhnya hari ‘Asyura adalah hari-hari Allah, maka barang siapa yang ingin berpuasa, maka berpuasalah pada hari itu, dan barang siapa yang tidak ingin, maka ia boleh meninggalkannya”. (shahih muslim No. 1901).

Sedangkan keutamaan puasa ‘Asyura, dijelaskan dalam Hadis yang diriwayatkan Abu Qatadah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa ‘Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas,” (HR Muslim).

Sementara di sebuah Hadis lainnya, yang diriwayatkan Imam Muslim, Abdullah ibnu Abbas RA, berkata: “Aku tidak pernah mendapati Rasulullah SAW menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya dibandingkan hari-hari yang lain kecuali hari ini yaitu hari ‘Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadhan.”

Puasa Tasu`a, yang dianjurkan dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, mengacu pada salah satu Hadis riwayat Imam Muslim. Dalam Hadis itu, Rasulullah SAW bersabda: “Kalau saja aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa Tasu`a (pada 9 Muharram).” Tetapi Rasulullah SAW wafat sebelum Muharram tahun berikutnya tiba.

Jadi, pelaksanaan puasa Tasu’a & ‘Asyura pada 2023 jatuh pada tanggal 27 dan 28 Juli 2023.

Niat Puasa Tasu’a & ‘Asyura

Nawaitu shouma tasu’a sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tasu’a sunnah karena Allah ta’ala”

Nawaitu shouma “Asyura sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa “Asyura sunnah karena Allah”

Teman Digi, selain berpuasa teman digi juga bisa memaksimalkan amalan dengan rutin bersedekah, yuk bersedekah melalui Digizakat ada banyak pilihan OPZ tersedia! (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×