Food & Travel

Hikmah Mengkonsumsi Makanan Halal

Digizakat – Belakangan sedang ramai sekali perbincangan terkait beberapa resto makanan dan minuman yang belum mendapatkan sertifikat halal. Hal ini menjadi angin segar, karena artinya pubik memiliki kehati-hatian terhadap makanan yang akan dikonsumsi.

Oleh karena itu, kami rangkumkan hikmah mengkonsumsi makanan halal untuk teman digi agar senantiasa semangat menjaga kehalalan makanan.

Terhindar dari Berbagai Jenis Penyakit

Bukan tanpa alasan, Allah mengharamkan makanan untuk dikonsumsi umat muslim. Jika dilihat dari sisi medis, makanan dan minuman yang diharamkan memiliki efek samping atau penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Daging babi, misalnya, memiliki kandungan cacing pita di dalamnya lantaran pola hidup dan makanan dari babi yang kurang bersih. Tak hanya itu, alkohol juga memiliki dampak negatif yaitu memicu munculnya gangguan pada jantung, seperti gangguan irama jantung, peningkatan tekanan darah, melemahnya otot jantung, hingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

makanan halal
ramen halal

Bentuk Perlindungan Allah dari Potensi Perbuatan Dosa

Kedua, hikmah dari mengkonsumsi makanan dan minuman halal yakni senantiasa dilindungi Allah dari perbuatan dosa. Sebagai contoh, jika kita mengkonsumsi minuman beralkohol maka pikiran dan akal sehat akan terganggu. Pada kondisi ini seseorang dapat tanpa sadar melakukan perbuatan dosa lainnya.

Mendapat Ridha Allah

Hikmah lain dari mengonsumsi makanan halal adalah agar mendapat ridha Allah SWT. Dengan begitu, semua yang masuk ke dalam tubuh adalah hal-hal bersih. Seorang muslim bisa khusyuk dalam beribadah karena memilih jenis makanan halal.

Dekat dengan Taqwa

Selain mendapatkan ridha Allah Swt. dengan mengkonsumsi makanan halal akan mendekatkan kita pada taqwa. Disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW. Untuk itu, dengan mengkonsumsi makanan yang sudah jelas tentang kehalalannya, maka kita akan terhindar dari api neraka. Dari hadist tersebut dapat disimpulkan ketika kita mengkonsumsi makanan yang halal, maka akan menuntun kita ke surga.

Nah demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai hikmah dari mengkonsumsi makanan halal. Semoga hal ini menguatkan kita untuk terus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Sebagai umat islam tentu kita diharamkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak halal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×